Tuesday, October 24, 2017

PROSEDUR PERMINTAAN DARAH




Informasi dari Unit Transfursi Darah PMI Provinsi DKI Jakarta, yang terletak di Jalan Kramat Raya Nomor 47 Jakarta 10450, Indonesia, Penulis memperoleh pamflet tentang Prosedur Permintaan Darah. 



Hal yang penting untuk diketahui adalah:

Mengapa kita harus membayar jika memakai darah dari PMI? Karena uang itu merupakan biaya penggantian pengelolaan darah yang digunakan untuk pengelolaan darah sejak diambil dari donor sampai dapat ditranfusikan kepada orang sakit yang membutuhkan.

Di mana permintaan darah dapat dilayani? Yaitu dapat diperoleh di rumah sakit melalui Bank Darah dan di Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Provinsi DKI Jakarta.

Bagaimana prosedur permintaan darah? Dokter yang merawat harus mengisi formulir khusus rangkap 4 atau 5 untuk permintaan darah secara lengkap antara lain jenis darah yang diminta; formulir dan contoh darahy dikirim ke Bank Darah di rumah sakit atau ke laboratorium Unit Tranfusi DArah PMI Provinnsi DKI Jakarta; atas dasar permintaan tersebut diadakan uji silang serasi antara contoh darah pasien dengan contih darah donor untuk memastikan kecocokannnya; dan lama permiksaan kurang lebih 2 jam bila stok darah tersedia.

Mengapa permintaan bisa di lebih 12 jam? Karena stok darah yang diminta tidak tersedia,m sehingga diperlukan donor langsung/pengganti, dan bila ada ketidakcocokan antara darah donor dengan pasien pada uji silang serasi sehingga diperlukan pemeriksaan lanjutan/rujukan.

No comments:

Post a Comment